Sabtu, 16 April 2011

Universitas Elit Dunia Berlomba-lomba Masuk Amerika Hanna Meinita

WARWICK University berambisi menjadi universitas Inggris pertama yang mendirikan kampus di Amerika Serikat. Namun agar bisa mewujudkan hal ini, Warwick University harus bersaing dengan universitas terkemuka dari Amerika Serikat, Eropa dan Asia.


Pembukaan ini berdasarkan penawaran yang diberikan Kota New York kepada 17 universitas elit di dunia. Warwick akan bersaing dengan Stanford University, yang berlokasi di pusat teknologi informasi di Silicon Valley, California.

Universitas tangguh lainnya yang akan bersaing dengan Warwick adalah Carnegie Mellon, Cornell, Columbia, New York University dan Chicago. Ada juga universitas dari Finlandia, Swiss, India, Korea Selatan dan Israel. Mereka bersaing agar bisa mendirikan kampus ilmu pengetahuan dan penelitian di kota dengan julukan Big Apple tersebut.

Wali Kota New York Michael Bloomberg menyatakan, kampus ini akan menjadi alat perubahan untuk perekonomian kota. New York mengajukan permintaan bahwa kampus tersebut harus melakukan penelitian dasar untuk memperkuat industri teknologi.

Saat ini, pejabat Kota New York khawatir kondisi ekonomi kota itu terlalu tergantung pada perbankan dan lembaga keuangan. Dengan adanya kampus yang melakukan penelitian, diharapkan bisa membantu kota untuk melakukan diversifikasi ke industri digital teknologi tinggi. Seperti dikutip dari BBC, Rabu (13/4/2011).

New York juga berkaca pada bisnis online seperti Google dan Facebook yang tumbuh dari lingkungan kampus. Karena itu, New York ingin mengubah kotanya menjadi “pusat teknologi” yang menghasilkan industri.


“Banyak perusahaan teknologi terkemuka di dunia tumbuh dari program ilmu terapan, dan kami ingin generasi baru dari perusahaan dan pekerjaan seperti itu dimulai dari New York,” kata Wakil Walikota New York Robert Steel.


New York City Economic Development Corporation, yang menjalankan proyek ini, telah mengidentifikasi sejumlah lokasi untuk menjadi tempat mendirikan kampus. Diharapkan, kampus yang terpilih menjadi pemenang bisa diumumkan pada akhir tahun.

Dan jika Warwick berhasil menjadi pemenang penawaran ini, fenomena globalisasi pendidikan tinggi akan terpatahkan. Selama ini, globalisasi dalam pendidikan tinggi berarti universitas AS melakukan ekspor universitas ke negara lain.

sumber : http://kampus.okezone.com/read/2011/04/13/373/445647/universitas-elit-dunia-berlomba-lomba-masuk-amerika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar