Sabtu, 16 April 2011

Sekolah Khusus Ortu Gaptek! Hanna Meinita

PENNSYLVANIA - Kampus yang satu ini mengajarkan para orangtua agar ikut melek teknologi, sehingga bisa membantu anak mereka mengerjakan tugas sekolah.

Saat ini umumnya sekolah dilengkapi berbagai teknologi terbaru sebagai penunjang kegiatan belajar mengajarnya. Siswa telah terbiasa mengoperasikan komputer, kalkulator, atau perangkat canggih lainnya, namun tidak dengan para orangtua. Akibatnya, orangtua tidak cukup terlatih dalam membantu dan membimbing anak dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang berhubungan dengan alat-alat canggih ini.

Dinas Pendidikan Philadelphia di Pennsylvania, Amerika Serikat punya jawaban atas hal tersebut. Kantor berita CNN melaporkan, Dinas Pendidikan distrik tersebut telah memulai kelas khusus untuk keluarga siswa yang terdaftar di kawasan ini. Di kampus bernama Parent University tersebut, orang dewasa dapat mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk membantu anak mereka agar berhasil.

Kampus ini membuka kelas matematika hingga pelatihan komputer. Semuanya diberikan secara gratis. Pengawas Pendidikan Arlene Ackerman mengatakan, kesenjangan pendidikan memukul keluarga dengan penghasilan rendah karena mereka kurang punya kesempatan. ”Tidak setiap orangtua memiliki komputer. Tidak setiap orangtua memiliki akses ke alat-alat yang dimiliki keluarga kelas menengah,” kata Ackerman seperti dikutip dari situs The Huffingtonpost, Selasa (12/4/2011).

Parent University tak hanya memberi manfaat bagi para orangtua dalam membantu anak mereka mengerjakan pekerjaan rumah. Tetapi, mereka juga dapat membiasakan diri dengan alat-alat ini dan terlatih untuk memberikan dukungan dalam pendidikan anak. Kampus ini juga memberikan pelatihan dalam keterampilan hidup, seperti pengembangan karakter dan melek finansial untuk membantu keluarga mempelajari alat yang dapat mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mendorong anak mereka untuk berhasil.

Salah satu orangtua, Jose Ramirez, menyambut baik keberadaan Parent Universuity. Ayah dari dua siswa sekolah menengah yang berimigrasi dari El Salvador ini sering merasa tidak siap karena “gegar budaya” di negara barunya.

Namun setelah mengikuti Parent University, Ramirez belajar agar tidak hanya peduli pada anaknya tetapi juga harus melakukan perubahan atas keluarganya. Menurut anak Ramirez, Nick, setelah mengikuti Parent University, ayahnya menjadi lebih percaya diri dalam mengerjakan segala sesuatu. (rfa)(rhs)


sumber : http://kampus.okezone.com/read/2011/04/12/373/445008/sekolah-khusus-ortu-gaptek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar