Minggu, 17 April 2011

Persiapan UN Bikin Stres, Apalagi Nunggu Hasilnya

JAKARTA - Mulai Senin, 18 April 2011 hingga tiga minggu ke depan, 10.409.562 anak-anak Indonesia dari tingkat SD/MI hingga SMA/MA dan SMK akan menjalani Ujian Nasional.

Berdasarkan pengaduan yang masuk ke KPAI dan hasil pantauan di lapangan, masih banyak ditemukan fakta dan praktek sebelum, pada saat dan setelah UN, yang tidak sesuai dengan prinsip perlindungan anak.

"Selain itu, banyak anak yang semestinya bisa ikut UN terpaksa tidak bisa mengikuti karena menjadi korban perkosaan, berhadapan dengan hukum, atau sedang berada di lapas (penjara) anak," ujar Komisioner Bidang Pendidikan
Dra. Badriyah Fayumi, Lc, MA, dalam keterangan tertulisnya kepada okezone, di Jakarta, Sabtu (17/4/2011).

Menurut Badriyah, sebelum UN banyak anak dan orang tuanya begitu stres karena khawatir tidak lulus. Maka, pelajaran tambahan dan bimbingan belajar yang bagi sebagian orang tua terasa mahal pun diikuti. Di sisi lain, pelajaraan yang tidak di-UN-kan yang sesungguhnya tidak kalah penting atau menjadi minat anak terabaikan. Pengajian sore dan malam hari juga ditinggalkan. "Semua demi UN," imbuhnya.

Pada saat ujian berlangsung, praktek tidak jujur seperti kebocoran soal, pemberitahuan jawaban secara kolektif atau berantai, pengisian jawaban yang kosong oleh oknum guru, serta manipulasi nilai masih banyak terjadi. Hal ini berakibat sangat fatal.

Anak sudah belajar menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan yang diinginkan. Sementara itu anak yang sungguh-sungguh belajar merasa frustrasi karena menyaksikan anak-anak yang tidak belajar bisa mendapatkan nilai lebih tinggi.

Setelah pengumuman, banyak anak stres dan depressi karena merasa semua usahanya selama tiga tahun sia-sia dan malu pada teman-temannya.

Begitu luar biasanya upaya anak Indonesia dan banyaknya pihak yang harus berkorban atau dikorbankan karena UN ini.(rhs)

http://kampus.okezone.com/read/2011/04/17/373/446924/persiapan-un-bikin-stres-apalagi-nunggu-hasilnya
sumberr :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar