Sabtu, 16 April 2011

Mendiknas Jamin UN Berjalan Lancar

SURABAYA- Jelang Ujian Nasional pada 18 April mendatang, Menteri Pendidikan Nasional menjamin jika semua distribusi soal sudah sesuai rencana.

"Insyaallah ujian nasional aman. Dari sisi distribusi juga sudah aman jika melihat dari master schedul dengan mempertimbangkan sisa waktu dua hari ini," ujar M. Nuh di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (16/4/2011).

Sedang untuk siswa yang akan menghadapi ujian nasional Nuh berpesan lebih baik konsentrasi belajar dan berdoa saja daripada mencari bocoran soal.

"Namanya saja isu. Bocorannya bisa 80 persen. Kalau bocornya 80 persen bukan bocor lagi tapi jebol. Lebih bagus konsentrasi belajar dan berdoa dibandingkan dengan mbulet mencari bocoran soal," ujar Nuh.

Dalam ujian nasional nanti, Nuh juga mengancam akan bertindak tegas terhadap aksi-aksi kecurangan. Baik yang dilakukan oleh siswa maupun guru.

"Jika ada siswa atau guru yang membantu melakukan kecurangan, maka otomatis akan di delete," ujar Nuh.

Begitu juga dengan sekolah. Jika ada sekolah yang mencoba memanpulasi nilai ujian sekolah, maka Kementerian Pendidikan nasonal akan menghapus bobot ujian sekolah sebesar 40persen untuk menentukan kelulusan.

Nuh juga mempersilakan kepada siswa hamil di luar nikah untuk tetap dapat mengikuti ujian nasional. "Tak ada larangan siswa hamil tidak boleh ikut ujian. Silakan saja," ujar Nuh.(ahm)

sumber: http://kampus.okezone.com/read/2011/04/16/373/446840/mendiknas-jamin-un-berjalan-lancar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar