Sabtu, 16 April 2011

Jelang F1GP China Pirelli: Strategi Satu Pitstop, Mungkin di Shanghai

SHANGHAI - Sejauh dua seri yang telah dihelat musim ini, setiap tim minimal dua kali mengganti ban untuk menyelesaikan lomba. Namun, Pirelli selaku supplier tunggal ban F1 memberikan kabar bagus buat seluruh tim.

Paul Hembery, Direktur motorsport Pirelli mengatakan, balapan di sirkuit Shanghai, China Minggu (17/4/2011) besok, setiap tim berpeluang hanya mengambil satu kali pitstop. Hal ini dikemukakan Hembery menyusul peningkatan performa ban Pirelli, menyusul keluhan sejumlah tim karena strategi pitstop yang berantakan di GP Sepang, Malaysia akhir pekan lalu.

“Dari apa yang kami pelajari di sini, kondisi trek di sini (Shanghai) jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Sepang,” papar Hembery usai menyaksikan para pembalap melakukan sesi latiha hari Jumat, kemarin.

“Di sini, ban tipe keras (hard tyre) mungkin bisa bertahan selama 20 lap pada sesi Jumat, dan yang lembut bisa melahap 13 lap. Dari sini, jika tim mampu melahap 20 lap pada saat latihan, mungkin berpikir setiap tim bakal mengambil strategi satu kali pitstop, strategi agresif,” sambungnya dikutip Autosport, Sabtu (16/4/2011).

Seperti diketahui, pada GP Malaysia kemarin, Pirelli memang sempat menuai ktirikan lantaran membuat strategi pitstop sejumlah tim berantakan. Tim Sauber melakukan strategi nekad dimana pembalapnya Sergio Perez hanya mengambil satu kali pit, sementara tim lain umumnya melakukan dua hingga tiga kali pergantian.

“Sejauh pengetahuan saya, umumnya setiap tim menerapkan strategi dua kali pitstop. Satu-satunya yang jadi pertanyaan kini adalah, mungkin tim yang lebih cepat bisa mengambil hingga tiga kali pitstops karena performa mereka mengalami peningkatan,” kilahnya.

sumber : http://sports.okezone.com/read/2011/04/16/37/446724/pirelli-strategi-satu-pitstop-mungkin-di-shanghai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar